Kumpulan Fatwa Ibnu Taimiyah [jilid 1]

Umat Islam di masa generasinya yang pertama berada di puncak kemuliaan, kekuatan, dan ilmu. Hal ini tidak lain karena ia berpegang kepada kitab Allah yang mulia dan Sunnah Nabi yang agung serta pemahaman (yang benar) dari sahabat-sahabat yang mulia. Masa keemasan itu, berlangsung beberapa abad, sehingga terlindungilah akidah-akidah yang benar dan tersebarlah ilmu yang bermanfaat bagi manusia dalam perkara agama dan dunia mereka.
Hanya saja, karena beberapa faktor pelemah yang mulai menyusup ke dalam tubuh umat sehingga ia menjadi target sasaran musuh-musuhnya yang senantiasa mengintai, umat pun mulai menghadapi serangan dari berbagai penjuru. Musuh-musuhnya berkon-spirasi untuk mencelakainya dari segala arah dengan agresi militer terbuka. Hal ini tentu saja membuka jalan bagi mereka untuk menyerang warisan pemikiran umat di mana yang kedua ini lebih berbahaya daripada yang pertama, akan tetapi Allah yang Maha Pengasih telah menyiapkan di setiap masa orang-orang yang melindungi agamaNya. Mereka men-jaganya dari penyimpangan orang-orang yang berlebih-lebihan dan kedustaan pelaku kebatilan.
Imam Taqiyuddin Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim bin Abdussalam bin Abdullah bin Abul Qasim bin al-Khidr an-Numairi al-Harrani Abu Abbas yang dikenal dengan Ibnu Taimiyah adalah salah seorang ulama besar yang mengalami masa penyerangan pasukan Tartar terhadap kaum Muslimin yang diikuti dengan merebaknya pemikiran-pemikiran asing ke dalam agama Islam dan akidahnya yang luhur. Maka Imam Ibnu Taimiyah -rahimahullah-  menyiapkan ilmu, pena, dan segala apa yang Allah berikan kepada-nya demi membela akidah dan syariat kaum Muslimin. Demi hal tersebut Imam agung ini menghadapi berbagai kesulitan dan penentangan, baik itu penjara, atau pengucilan, atau tuduhan bahwa beliau sesat, akan tetapi semuanya tidak membuat surut langkah beliau dan tidak menjadikan beliau menarik diri untuk tidak membela akidah Islam, sehingga ia tetap bersinar cemerlang dan bersih seperti yang diinginkan oleh peletak syariat.
Syaikhul Islam juga merupakan potret ideal seorang da’i yang mumpuni, yang menguasai berbagai disiplin ilmu di masanya, sehingga membuat para ulama bersepakat menyanjungnya, mengakui kepeloporannya di berbagai disiplin ilmu dan bahwa beliau adalah imam di zamannya dan terdepan di masanya dari segi ilmu, pengetahuan, keberanian, kecerdasan, kedermawanan, ketulusan kepada umat, amar ma ‘ruf dan nahi mungkar.
Hasil dari perjuangan panjang ini adalah ribuan lembar kertas hasil karya beliau, baik yang beliau tulis sendiri atau beliau diktekan, sehingga karya-karya ilmiah beliau mencapai tiga ratus jilid, sebagaimana yang dikatakan oleh penulis Fawat al-Wafayat. Ada juga yang berpendapat, lebih dari empat ribu buku, sebagaimana dalam ad-Durar
al-Kaminah, dalam-bentuk soal jawab atau buku yang beliau tulis, berkaitan dengan pen-jelasan tentang perkara agama yang dibutuhkan orang-orang, seperti akidah dan ibadah yang wajib dipahami dan diketahui oleh umat atau penjelasan tentang kelompok-kelom-pok sempalan dan ahli bid’ah dan peringatan kepada umat terhadap bahayanya.
Karena Allah menghendaki kebaikan bagi umat ini, maka Dia telah menyiapkan dari kalangan ulama-ulama yang mulia orang-orang yang menyingkirkan debu dari warisan agung ini dan mengangkat mutiaranya agar bercahaya. Maka ulama-ulama kaum Muslimin memberikan perhatian besar terhadap karya-karya Imam agung ini, sehingga karya-karya beliau terbit menyambut mentari dunia sebagai karya-karya ilmiah dalam berbagai topik pembahasan, seperti akidah, tafsir, fikih, dan lain-lain berupa kumpulan fatwa Imam Ibnu taimiyah -rahimahullah-  (majmu ‘al fatwa).
Inilah jilid pertama dari serial terjemah kitab Majmu Al Fatawa, Syaikhul Islam Ibnu taimiyah -rahimahullah- .

Kumpulan Fatwa Ibnu Taimiyah [jilid 1]
judul asli: Majmu Al Fatawa Ibnu taimiyah
Penulis: Syaikhul Islam Ibnu taimiyah -rahimahullah-
fisik: buku ukuran sedang 15×23,5cm, Hardcover, 1044 hal
Penerbit Pustaka Azzam
harga Rp 179.000

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: