Syarah Shahih Muslim [jilid 3]

Syarah Shahih Muslim [jilid 3]
Judul Asli: Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Hajjaj
Penulis: Imam Nawawi -rahimahullah-
Fisik: buku ukuran sedang 24,5x16cm, Hardcover, 895 hal
Penerbit: Darussunah
Harga: Rp 180.000/ jilid
Pemesanan: 085 292 111 852

Para ulama -rahimakumullah-  telah bersepakat bahwa kitab terbaik setelah Al Qur’an adalah Kitab Shahih Al Bukhori dan Shahih Muslim. Kedua kitab ini telah terbukti diterima dengan lapang dada dan tangan terbuka oleh muslimin, namun Kitab Shahih Al Bukhori dianggap lebih shahih serta lebih banyak mengandung faedah dan pengetahuan.Telah diriwayatkan dari jalur yang shahih bahwa Imam Muslim -rahimahullah- termasuk orang yang telah mengambil faedah  dari Imam Al Bukhori -rahimahullah- .Salah satu kelebihan Shahih Bukhori adalah  tentang prinsip Imam Bukhori dalam hal sanad hadits. Al Bukhori tidak dengan mudah menganggap sebuah sanad hadits berstatus muttashil hanya karena ada pengakuan perawi yang berkata sami’tu (artinya aku telah mendengar) dari seorang yang hidup sezaman.Al Bukhori baru memastikan sanad itu benar-benar muttashil setelah dia tahu bahwa kedua perawi itu pernah bertemu.
Sekalipun ditinjau dari  sisi kualitas Bukhori lebih unggul, namun bukan berarti kitab Shahih Muslim tertinggal dari aspek lainnya . Sebagian ulama Ahli Hadits mengatakan bahwa kitab Shahih Muslim  lebih baik jika dilihat dari segi sistematika penyusunan bab dan lebih mudah difahami sehingga membantu para penuntut ilmu dalam memahami ilmu agama ini.,
Dan termasuk di antara keutamaan Shahih Muslim adalah apa yang disampaikan oleh Makkiy bin Abdan -rahimahullah- , salah satu huffazh dari Naisabur, ia berkata, “Saya telah mendengar Muslim bin Al-Hajjaj berkata, “Seandainya para ahli hadits menulis selama dua ratus tahun, maka tulisannya itu akan berkisar pada musnad ini” yakni Shahih Muslim. la melanjutkan, “Dan saya telah mendengar Muslim mengatakan, “Suatu ketika saya memperlihatkan kitabku ini kepada Abu Zar’ah Ar-Razi, maka setiap : isyaratkan oleh beliau bahwa dalam hadits tersebut ada illat (cacat) segera saya tinggalkan, dan setiap hal yang beliau komentari bahwa  itu adalah shahih serta tidak memiliki Illat maka saya takhrij.” [lihat siyar alam nubala : 12/568).
Yang lainnya menyebutkan, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu  Bakar Al-Khathib Al-Baghdadi (lihat : tarikh al baghdad: 13/101),dengan isnadnya yang dari Muslim Rahimahullah, ia berkata, “Saya telah menyusun Shahih ini berupa 300.000 (tiga ratus ribu) hadits yang saya dapat dari mendengar (sima’).”
Begitu pula dengan kitab penjelasnya, yakni Syarah Shahih Muslim oleh Imam An Nawawi -rahimahullah- yang dinilai sebagai salah satu kitab syarah terbaik. Syarah ini banyak menjelaskan masalah aqidah, hukum, akhlaq, lughoh, nama perawi, usaha mengkompromikan hadits yang nampak bertentangan serta menunjukkan dalil-dalil yang dipakai oleh berbagai madzab.
Kitab Syarah shahih muslim ini disertai muqodimah yang membahas ilmu hadits dan sebagai kunci memahami kitab Shahih Muslim.
Inilah jilid ke 3 dari rangkaian kitab terjemahan dari Syarah Shahih Muslim karya Imam An Nawawi -rahimahullah-  membahasa tentang kitab Sholat, Kitab masjid dan tempat-tempat Sholat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: