Ad Daa’ wa Ad Dawwa’

Ad Daa’ wa Ad Dawwa’: Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Hati yang Membahayakan dan Reset Obat yang Mujarab
Judul asli: Ad Daa wa Ad Dawaa’ / al-Jawaabul Kaafi
Penulis: Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyah -rahimahullah-
Tahqiq: Syaikh Ali Hasan bin Ali Al halabi Al Atsari
Fisik: buku ukuran sedang 17x24cm, hardcover, 555 hal
Penerbit: Pustaka Imam Syafii
Harga: Rp 120.000,-
Pemesanan: 0817 250 686

Inilah Buku ini berisi tentang terapi terhadap berbagai macam penyakit hati, termasuk di antaranya adalah kebodohan. bahayanya di dunia dan akhirat dan terapi atau obat mujarabnya berdasarkan al-Qur-an dan as-Sunnah. Di samping itu, buku ini penuh dengan nasihat, petuah, peringatan, pelajaran, hikmah, dan ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang menginginkan keselamatan, kesehatan, keberhasilan, dan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Buku ini tidak ditulis secara sistematis dan fokus pada satu tema tertentu karena berlatar belakang fatwa atas beberapa pertanyaan yang diajukan kepada penulisnya yaitu Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyah -rahimahullah-
Sebagai muqaddimah, di awal pembahasan dijelaskan tentang pentingnya do ‘a dan kaitannya dangan takdir. Lalu dilanjutkan dengan macam-macam maksiat dan dosa serta dampak negatifnya terhadap pelakunya.
Pada pembahasan berikutnya penulis berbicara tentang hukuman Alloh Tabarraka Wa Ta’ala  terhadap pelaku dosa dan jenis-jenis hukumannya, lalu disusul dengan syirik dan macam-macamnya.
Di dalam buku ini juga dibahas tentang dosa besar, seperti membunuh, berzina, berbuat zhalim, dan lain-lain serta dampak negatif perbuatan tersebut terhadap pelakunya.
Bahkan, dibahas juga mengenai cinta dan tingkatan-tingkatannya; hingga masalah kasmaran (mabuk asmara, mabuk cinta), penyelewengan seksual beserta hukumannya, dan lain-lain.
Demikianlah, begitu banyak permasalahan yang disebutkan Ibnul Qayyim secara panjang lebar. Beliau memaparkan berbagai hal, baik yang halus (tersirat) maupun yang tampak (tersurat) dari hakikat ilmu, disertai dengan penjelasan tentang pengawasan dan pengoreksian ulang terhadap jiwa. Semua pembahasan ini membuat penuntut ilmu sangat membutuhkan kitab ini.
Kitab aslinya berjudul al-Jawaabul Kaafi li Man Sa-ala ‘anid Dawaa’isy Syaaft atau ada yang menyebutkannya dengan judul : ad-Daa’ wad Dawaa’, Selaku penulis, Imam Ibnul Qayyim -rahimahullah- sendiri tidak pernah memberi judul karya ini dengan salah satu dari kedua judul tersebut, sebagaimana dijelaskan di dalam muqaddimah beliau. Kedua judul tersebut diberikan untuk sebuah karya yang sama, yaitu yang ditulis oleh Ibnul Qayyim, sebagai jawaban terhadap soal yang diajukan kepada beliau. Korelasi makna antara kedua judul tersebut dengan isi kitab ini tampak jelas meskipun judul ad-Daa3 wad Dawaa’ lebih dikenal. Sebab, judul tersebut dikuatkan oleh para penyusun biografi beliau -rahimahullah- , seperti al-Hafizh Rajab Al hambali -rahimahullah-  dalam Dzail Thahaqaatil Hanaabilah (11/450), Ibnul ‘Ammad -rahimahullah- dalam asy-Syadzaraat (VI/169), serta asy-Syaukani -rahimahullah- dalam Al Badruth  Thaali’ (11/144).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: